09 Maret, 2011

Prinsip-prinsip Belajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran

Pengertian Prinsip.
Sesuatu yang dipegang sebagai panutan yang utama (Badudu&Zein, 2001:1089. Sesuatu yang menjadi dasar dari pokok berpikir, berpijak dsb (Syah Djanilus, 1993).Sesuatu kebenaran yang kebenarannya sudah terbukti dengan sendirinya (Dardiri, 1996).
Pengertian Belajar
Suatu aktifitas mental & psikis dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku pada diri sendiri (Wingkel, 1987. Suatu perilaku yang ditimbulkan dari respon belajar (Skinner). Suatu aktifitas atau pengalaman yang menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan pribadi yang bersifat permanen (Walra, rochmat, 1999:24).

Prinsip Belajar adalah landasan berpikir,landasan berpijak, dan sumber motivasi agar PBM dapat berjalan dengan baik antara pendidik denganb peserta didik

Prinsip Belajar Menurut Slameto

1. Berdasarkan prasyarat yang diperlukan untuk belajar

2. Sesuai dengn materi yang dipelajari

Prinsip Belajar Menurut Gestalt

Adalah suatu transfer belajar antara pendidik dan peserta didik sehinnga mengalami perkembangan dari proses interaksi belajar mengajar yang dilakukan secara terus menerus dan diharapkan peserta didik akan mampu menghadapi permasalahan dengan sendirinya melalui teori-teori dan pengalaman-pengalaman yang sudah diterimanya.

Prinsip Belajar Menurut Robert H Davies

Suatu komunikasi terbuka antara pendidik dengan peserta didik sehingga siswa termotivasi belajar yang bermanfaat bagi dirinya melalui contoh-contoh dan kegiatan praktek yang diberikan pendidik lewat metode yang menyenangkan siswa.

Prinsip Belajar Menurut Rochman Natawidjaja dkk

• Prinsip efek kepuasan (law of effect)

• Prinsip Pengulangan (law of exercise)

• Prinsip kesiapan (law of readiness)

• Prinsip kesan pertama (law of primacy)

• Prinsip makna yang dalam (law of intensty)

• Prinsip bahan baru (law of recentcy)

• Prinsip gabungan (perluasan dari prinsip efek kepuasan dan prinsip pengulangan)

Prinsip Belajar Secara Umum

• Perhatian dan Motivasi

• Keaktifan

• Keterlibatan langsung atau pengalaman

• Pengulangan

• Tantangan

• Balikan dan penguatan (law of effect)

• Perbedaan individual

Implikasi Prinsip Belajar Bagi Siswa dan Bagi Guru

Perhatian dan Motivasi

Siswa : Dituntut memberikan perha-tian terhadap semua rang-sangan yang mengarah pada tercapainya tujuan belajar.

Guru : Mengunakan metode yang bervariasi. Mmemilih bahan ajar yang diminati siswa..

Keaktifan

Siswa : Dituntut dapat memproses dan mengolah hasil belajarnya secara efektif serta aktif baik secara fisik, intelektual dan emosional.

Guru : Memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan eksperimen sendiri

Keterlibatan langsung/Pengalaman

Siswa : Dituntut agar siswa me-ngerjakan sendiri tugas yang diberikan guru kepada mereka.

Guru : Melibatkan siswa dalam mencari informasi, merang-kum informasi dan menyim-pulkan informasi.

Pengulangan

Siswa : Kesadaran siswa dalam me-ngerjakan latihan-latihan yang berulang-ulang

Guru : Merancang hal-hal yang perlu di ulang.

Tantangan

Siswa : Diberikan suatu tanggungja-wab untuk mempelajari sendiri dengan melakukan ekspe-rimen, belajar mandiri dan mencari pemecahan sendiri dalam menghadapi perma-salahan.

Guru : Memberikan tugas pada siswa dalam memecahan permasa-lahan.

Balikan dan penguatan

Siswa : Mencocokan jawaban antara siswa dengan guru

Guru :Memberikan jawaban yang benar dan memberikan kesimpulan dari materi yang telah dijelaskan atau di bahas.

Perbedaan Individual

Siswa : Belajar menurut tempo kecepa-tan masing-masing siswa

Guru : Menentukan metode sehingga dapat melayani seluruh siswa

Tidak ada komentar:

PPL FKIP UMSU

Metode Snowball Throwing FKIP UMSU

STRATEGI MENGAJAR JURNALISTIK

PENGENALAN EDMODO

Mengajar Kreatif Mahasiswa PPL

VIDEO TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME