09 Maret, 2011

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

MALANG - Tanggal 19 Januari 2010 lalu, Jurnal Pen­didikan dan Pembelajaran (JPP) Universitas Negeri Malang (UM) terakreditasi secara resmi sebagai salah satu jurnal nasional dari Direktorat Jenderal Pendidi­kan Tinggi (Ditjen Dikti). Melalui surat Direktur Penelitian dan Pengemba­ngan Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti Nomor 68/ D3/LL/2010, tim penyunting JPP UM bahkan ditetapkan sebagai pengembang dan pembina 6 jurnal lain di 6 (enam) perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Di awali 18 Agustus mendatang, JPP UM harus meyelenggarakan lokakarya untuk membina dan mengembangkan berturut-turut jurnal Ilmu Pendidi­kan (FIP UM), Pendidikan Dasar (Unesa), Ilmu Kependidikan (LPMP Sulawe­si Selatan), Varia Pendidi­kan (FKIP Unmuh Surakarta), Ta'dib (STAIN Batusangkar, Sumatera Barat), dan Lingua (Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang).

Ketua LP3 UM, Dr Waras Kamdi MPd, mengatakan akreditasi JPP sebenarnya sudah dimiliki sejak 2005 silam. Akreditasi yang diperoleh tahun ini bersamaan dengan beberapa jurnal lain di UM yang sudah ada.

Dikatakannya, diharapkan pasca akreditasi ini mampu memotivasi peningkatan jumlah tulisan dan bobot kualitas isi jur­nal. Apalagi, dengan adanya syarat pengajuan men­jadi guru besar yang lebih ketat, tentunya keberadaan JPP ini mampu meningkatkan produktivitas dosen da­lam menulis hasil-hasil penelitian maupun kajian konseptual sesuai bidang keilmuannya.
Sementara, ketua Dewan Redaksi JPP, Prof Dr Ipung Yuwono MS MSc, mengata­kan kegiatan pembinaan jur­nal akan dilakukan dalam dua tahap lokakarya tentang pengelolaan naskah dan pengelolaan penerbitan. Lo­kakarya rencananya akan dilakukan pada bulan Agus­tus dan Oktober mendatang kepada 20 pengelola jurnal perwakilan masing-masing kampus binaan. min-KP

1 komentar:

MUHAMMAD ARIFIN mengatakan...

lek dimana pss

PPL FKIP UMSU

Metode Snowball Throwing FKIP UMSU

STRATEGI MENGAJAR JURNALISTIK

PENGENALAN EDMODO

Mengajar Kreatif Mahasiswa PPL

VIDEO TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME