22 Februari, 2014

Pandangan Hidup Kunci Sukses Gapai Cita-cita



Terimakasih kepada semua orangtua yang memiliki pandangan hidup begitu besar terhadap pendidikan. Orangtua yang rela mengorbankan waktunya siang dan malam mencari dana demi kuliah anak-anaknya. Orangtua yang ingin anak-anak meraih masa depan yang lebih baik daripada hidupnya.
Sungguh pandangan hidup ini adalah awal membangun fondasi kuat untuk keberhasilan anaknya dalam menempuh pendidikan.

Saat pandangan ini ditulis, saya sebagai dosen di UMSU selalu merinding ada semacam 'kekuatan' besar memasukir diri saya setiap kali menceritakan pandangan hidup mahasiswa-mahasiswa saya. Bagaimana tidak, ketika mereka hanya berasal dari keluarga biasa, orangtua ada yang tidak tamat sekolah, berjualan pagi siang dan malam, orangtua yang sakit tetapi harus menghidupi anaknya yang kuliah, sampai orangtua yang relah berhutang demi anaknya bisa duduk di bangku kuliah. Semua, itu merupaka kekuatan besar dari bangsa ini yang harus dipelihara sehingga melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang terbaik
Permasalahan pelik yang menimpa remaja kita, maraknya tindak kriminal genk motor, tawuran, dan sebagainya yang dilakukan anak-anak usia sekolah tidak terlepas karena lemahnya pandangan hidup orangtunya terhadap pendidikan.
Jika saja semua orangtua memiliki pandangan hidup yang besar terhadap pendidikan. Saya yakin persoalan kenakalan remaja akan bisa diminimalisir. Terimakasih mahasiswa-mahasiswa FKIP UMSU, khususnya kelas I D Matematika, I C Bahasa Indonesia dan I D Bahasa Inggris (ketika tahun 2013) yang mau berbagi menceritakan pandangan hidupnya. Semoga pandangan ini mampu menginspirasi teman-teman kita, sahabat-sahabat kita yang hari ini kurang beruntung  tidak mampu menempuh pendidikan lebih tinggi. Saatnya yang baik bertindak demi kemajuan bangsa.

Penulis
Muhammad Arifin, SPd, MPd
Dosen FKIP UMSU

1 komentar:

MUHAMMAD ARIFIN mengatakan...

jika semua memiliki pandangan hidup seperti itu. Maka bangsa ini akan memiliki peradaban dan maju ke depan