21 Juni, 2023

Tugas Critical Book Review (Buku Manajemen Pendidikan)

PENDAHULUAN
Manajemen pendidikan, sebuah ilmu yang sebagian orang mengatakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. (Mary Parker Fallet dalam buku T Hani Handoko, 2012). Pendapat lain, James AF Stoner menjelaskan, manajemen ada proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan sumber daya organisasi agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. 
Sedangkan menurut Muhammad Arifin, manajemen itu seperti proses yang unik dalam sebuah organisasi, di dalam terkandung fungsi-fungsi manajemen yang perlu dijalankan sesuai dengan kondisi dan situasi berbeda. Akhirnya, fungsi manajemen akan menyesuaikan, meskipun banyak expert mengawali dengan perencanaan. Mengapa? karena sesuatu organisasi akan berjalan bila dimulai dengan perencanaan yang baik. 
Kaitannya dengan manajemen pendidikan, pendidikan adalah usaha sistematis untuk mengubah tingkah laku seseorang untuk tujuan organisasi. Pendidikan adalah bentuk dari edukasi. Maka, manajemen pendidikan adalah seni mengelola organisasi, sumber daya manusia pendidikan dengan tujuan proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga potensi, kekuatan spritual, kompetensi, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan yang diperlukan masyarakat, bangsa dan negara tercapai. Tetapi, core dari manajemen pendidikan adalah fungsi-fungsi manajemen harus berjalan, tetapi tujuannya berhubungan  dunia pendidikan, seperti perencanaan pendidikan, pengorganisasian pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan evaluasi pendidikan. 

PENGANTAR TUGAS 
Berdasarkan pendahuluan di atas, sebagai seorang mahasiswa yang belajar manajemen pendidikan perlu memperdalam pembahasan materi tidak hanya melalui buku wajib (Buku Ajar Manajemen Pendidikan), tetapi perlu menambah khazanah keilmuah dari sumber buku lain dengan topik dan kajian yang sama, atau juga melalui jurnal terakreditasi nasional maupun jurnal internasional bereputasi. Namun, pembahasannya dari perspektif yang berbeda. Tugas Critical Book Review ini bertujuan agar peserta didik memiliki pemahaman konsep yang kuat dalam memahami suatu ilmu. Mampu memberikan penilaian dari kacamata pemahaman sendiri. Belajar membuat rekonsep, redefenisi sendiri. Bahkan, belajar memberi saran dan masukan pada suatu produk keilmuan seperti buku yang dibahas dalam Critical Book Review

Silahkan kepada adik-adik untuk mendownload aturan pengerjaan melalui link berikut; CBR

Tidak ada komentar: