29 Juli, 2016

Kisah Sukses Mahasiswa PPL; Ujian Bawah Dadu, dan Main Sulap


Perkenalkan mahasiswa PPL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Pratek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan waktu yang sanga ditunggu-tunggu khususnya bagi mahasiswa/I yang bernaung di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Kini,  memasuki semester VII, seluruh mahasiswa FKIP UMSU berkumpul di bawah terik mentari yang begitu panas. Mereka calon guru yang cantik dan ganteng (sebutan bu Winarti) Sekretaris Prodi Bahasa Indonesia menunggu pemberangkatan menuju ke sekolah sebagai tempat PPL.
Ada beberapa catatan yang patut menjadi perhatian bagi calon guru yang akan terjun ke lapangan.
Tahun 2015, saya berkesempatan membawa calon mahasiswa ke SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan di Jalan Kolam. Bersebelahan dengan Kampus Universitas Medan Area (UMA).

29 Mei, 2016

Belajar Memanfaatkan Media Di Sekitar Kita


Mengajak anak-anak untuk berpikir kreatif ternyata tidak terlalu sulit. Kita bisa memanfaatkan media atau bahan di sekitar kita. 
Misalnya, ketika akan mengajarkan bagaimana menulis judul sebuah cerita pendek (Cerpen) untuk anak-anak yang baik. Tidak salah kita menggunakan bahan-bahan di sekitar dan yang ada di rumah. 
Awalnya saya mencoba membawa boneka Upin dan Ipin. Saya kemudian menanyakan kepada anak-anak peserta pelatihan menulis. Mereka semua dengan cepat mengatakan itu boneka Ipin. 
Lho! kok tahu," saya tanya.

08 Mei, 2016

Anak-anak Antusias Ikuti Pelatihan Menulis di Binjai

Ribuan masyarakat kota Binjai tumpah ruah mengikuti acara car free day atau haria bebas berkendaraan pada 1 Mei 2016.
Saat itu, masyarakat berkeliling mengitari Lapangan Merdeka Binjai. Selain jalan santai atau berlari, sebagian masyarakat menggelar acara berbeda. Salah satu yakni membaca buku bersama dan pelatihan menulis.
Acara ini digelar Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC) dengan membuka Taman Baca Terbuka Berkala (TBTB). Pelatihan penulisan cerita pendek diikuti 30 peserta dari SD, SMP dan ada juga siswa SMA.
Tampak anak-anak didampingi orangtuanya sangat antusias. Usai berlari mereka menyempatkan membaca buku dan mendampingi anak-anak untuk ikut pelatihan penulisan dengan nara sumber Redaktur Taman Riang Harian Analisa, Muhammad Arifin, MPd.

06 Maret, 2014

DEFENISI PEMBELAJARAN

Kepada pembaca blog saya. Di sini saya sedikit berbagi ilmu khususnya terkait dengan materi pembelajaran. Ketika saya membaca buku “Learning Theoris”  An Education Perspektive karya Dale H Schunk Edisi keenam. Saya sungguh tertarik tentang isinya. Untuk itu, saya mencoba berbagi memindahkan isi buku tersebut ke blog saya. Semoga bermanfaat;

Defenisi pembelajaran
Orang sepakat bahwa pembelajaran itu penting, tetapi mereka mempunyai pandangan yang berbeda tentang penyebab-penyebab, proses dan akibat pembelajaran. Tidak satu defenisi pembelajaran yang diterima universal oleh para teoritis,peneliti dan praktisi. (Shuell, 1986). Meskipun ada perbedaan pendapat tentang apa persisnya karakteristik pembelajaran, di bawah ini terdapat defenisi umum pembelajaran yang sejalan dengan focus kognitif dan mencakup kreteria yang menurut sebagian besar profesional pendidikan merupakan pokok pembelajaran.
“Pembelajaran merupakan perubahan yang bertahan lama dalam perilaku, atau dalam kapasitas berpelaku dengan cara tertentu, yang dihasilkan dari praktik atau bentuk-bentuk pengalaman lainnya”
Tabel 1.1
Kreteria-Kreteria Pembelajaran

  1. Pembelajaran melibatkan perubahan
  2. Pembelajaran bertahan lama seiring dengan waktu
  3. Pembelajaran terjadi melalui pengalaman

 Coba kita telaah lebih jauh ini untuk mengidentifikasi tiga kreteria pembelajaran